Artikel

WordPress.com dan WordPress.org: Apa Perbedaannya?

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Menurut WordPress.com , CMS WordPress memiliki 27% dari semua situs di seluruh dunia. Yang lebih mengesankan lagi yaitu bahwa hampir 75 juta situs web berjalan di WordPress. Baik menggunakan wordpress.com maupun wordpress.org, selanjutnya kita akan membahas apa perbedaan WordPress.com dan WordPress.org.

Apa itu WordPress.com?

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

WordPress.com

WordPress.com adalah layanan blogging dan website milik perusahaan bernama Automattic. WordPress.com menggunakan perangkat lunak open source WordPress.

Dalam situs web WordPress.com tertulis slogan “Focus on your beautiful content and let us handle the rest”. WordPress.com adalah sebuah platform yang membutuhkan perawatan dari hampir semua sisi teknis blogging, WordPress.com dapat memberikan kalian fitur yang hanya diperlukan saja, seperti posting dan berbagi. Berikut ini beberapa fitur yang disediakan oleh WordPress.com

  • Hosting keamanan dan backup semua dilakukan oleh WordPress, sehingga kalian tidak harus menggunakan layanan pihak ketiga untuk kedua hal tersebut.
  • Kalian diizinkan untuk custom domain misalnya (web.com atau situs.com) melalui Upgrade.
  • Terdapat banyak Free Designs untuk dipilih dan juga banyak pilihan premium.
  • Tidak terdapat Plugins – ada beberapa adalah Built In.
  • Iklan bergambar dan iklan dari pihak ketiga tidak diperbolehkan di WordPress.com sehingga kalian tidak dapat menggunakan layanan seperti Google AdSense.
  • Memiliki tiga Plans yang tersedia, yakni Free, Premium, dan Business. Biasanya untuk mempermudah hanya membandingkan versi gratis dan premium.

Inilah yang kalian dapatkan dengan WordPress.com:

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

wordpress.com

Fitur Yang tersedia di wordpress.com

Biaya
Ini gratis untuk digunakan, sampai 3GB. kalian bisa membayar lebih untuk kemampuan kustomisasi dan fitur tambahan.

Hosting
Web hosting disertakan dengan akun WordPress.com, jadi tidak perlu membayar tambahan web hosting dan juga biasanya wordpress menyertakan iklan pada web kalian.

Domain
Jika Anda menggunakan rencana gratis, situs web Kalian akan berjalan di sub-domain dari WordPress.com, yang berarti “WordPress” akan ada dalam nama domain kalian (misalnya site.wordpress.com). Opsi paket berbayar memungkinkan kalian melakukan upgrade ke nama domain non-WordPress.

Perangkat lunak
Tidak perlu mengunduh perangkat lunak apa pun. Buat saja akun dengan WordPress.

Keamanan dan Cadangan
Keduanya disertakan, tapi itu tidak berarti bahwa situs kalian 100% bebas dari hack.

Pengelolaan
Pengelolaan situs WordPress.com terbatas. Ini berarti kalian tidak memerlukan akses ke FTP atau panel kontrol untuk mengelola dashboard admin.

Tema
Saat ini, ada 165 tema WordPress yang bisa kalian akses ke dalam plan gratis. Meskipun sama sekali tidak ada yang salah dengan menggunakan tema WordPress gratis, kalian harus berhati-hati karena biasanya ada keterbatasan dan kemungkinan dapat mempengaruhi situs kalian. Jika kalian ingin mengakses tema premium, kalian harus membayar salah satu dari rencananya atau plan.

Plugin
Plugin yang disediakan sangat terbatas, Kalian harus membeli plan bisnis untuk bisa menggunakan plugin yang lain.

Analytics
Analytics akan datang langsung dari WordPress karena kalian tidak dapat berintegrasi dengan google analystic kecuali plan bisnis.

E-Commerce
WordPress memiliki kebijakan penjualan yang ketat untuk situs .com mereka. Jadi, jika kalian berencana untuk menjual sesuatu melalui situs kalian, kalian hanya dapat melakukannya jika kalian membayar untuk plan Bisnis mereka.

Jaringan WordPress
Karena kalian adalah bagian dari jaringan WordPress, mungkin terkadang situs kalian menampilkan dan mengirim lalu lintas tambahan ke arah kalian.

Apa itu WordPress.org?

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

wordpress.org

Dengan WordPress.org, kalian mengupload, mengelola blog atau situs kalian sendiri. WordPress.org adalah tempat kalian akan menemukan perangkat lunak WordPress gratis yang dapat kalian download dan instal di server web kalian sendiri.

Beberapa hal yang perlu kalian tahu dari WordPress.org

  • Semua hosting, keamanan, dan backup harus dilakukan sendiri oleh pengguna sehingga kalian harus mencari hosting sendiri yang bagus dan berkualitas. Misalnya menggunakan hosting Rumah Web atau Master Web sebagai jasa penyedia domain dan hosting, dan masih banyak lagi.
  • Kalian bisa menggunakan tema custom yang dibuat oleh desainer lain atau membuat sendiri menggunakan CSS dan PHP. Kemungkinan custom desain yang tak terbatas.
  • Plugins memungkinkan pengguna untuk menambahkan fungsi tambahan ke dalam situs kalian, seperti Widget, Sidebar, atau kemampuan berbagi.
  • Instalasi pada WordPress tidak ada biaya sedikitpun, namun kalian harus membayar untuk domain dan hosting khusus. Kalian juga harus memiliki Custom Domain untuk dapat menggunakan platform WordPress.org.

Inilah yang kalian dapatkan dengan wordpress.org

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

wordpress.org | adjie007.com

Fitur Yang tersedia di wordpress.org

Biaya
WordPress.org bebas digunakan.

Hosting
Kalian perlu mengurus web hosting sendiri. Ini berarti kalian harus mempunyai web hosting pihak ketiga, seperti GoDaddy, biasanya harus menyewa tahunan.

Domain
Kalian perlu membeli nama domain Anda di tempat lain atau ditempat kalian membeli web hosting. Sehingga domain akan menjadi sepenuhnya hak kalian tanpa ada embel-embel wordpress.com

Perangkat lunak
Untuk mengakses CMS, Anda harus mendownload dan menginstal perangkat lunak itu sendiri.

Keamanan dan Cadangan
Keamanan dan cadangan idealnya perlu didapat dari Kalian, perusahaan hosting web , plugin, dan mungkin pihak ketiga lainnya.

Tema
Tidak ada batasan tema yang dapat Kalian gunakan di situs WordPress kalian.

Plugin
WordPress memiliki puluhan ribu plugin yang tersedia di direktori mereka, semuanya gratis untuk digunakan.

Analytics
Kalian bebas menggunakan jenis integrasi pihak ketiga yang kalian inginkan, kalian bisa menggunakan plugin yang tersedia di wordpress yang biasanya terintegrasi dengan google analystic.

E-Commerce
Kalian bisa menggunakan web untuk commerce, penjualan barang, dsbnya karena tidak ada batasan seperti saat menggunakan wordpress.com kecuali yang plan bisnis.

Jaringan WordPress
Kalian bukan bagian dari jaringan WordPress, jadi kalian bertanggung jawab penuh atas pemasaran dan mendapatkan kabar tentang situs kalian.

Baca Juga :

Advertisements

1 comment

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: