PHP

Variabel Pada PHP

variabel pada php

Variabel Pada PHP

Variabel merupakan lokasi penyimpanan / memori yang berisikan nilai atau informasi, nilainya sendiri bisa diketahui maupun belum diketahui. Penjelasan lainnya yaitu kode program yang digunakan untuk menampung suatu nilai tertentu. Nilai tersebut disimpan di dalam variabel kemudian dipindahkan ke dalam database atau ditampilkan langsung kepada pengguna.

Nilai variabel sendiri dapat berisi dengan informasi tertentu dan dapat diubah nilainya saat kode program sedang berjalan. Sebuah variabel memiliki nama yang digunakan untuk mengakses nilai dari variabel itu. Seperti bahasa pemrograman yang lain, variabel pada PHP digunakan untuk menampung nilai input dari user maupun nilai yang kita tentukan sendiri. Namun PHP memiliki aturan cara menggunakan dan menulis variabel tersebut.

Aturan Penulisan Variabel pada PHP

Variabel pada PHP diawali dengan penulisan lambang dollar atau dollar sign ($). Kemudian setelah penulisan $ diikuti dengan karakter dapat berupa huruf atau bisa juga menggunakan garis bawah (_) .  Untuk variabel ini, setelah penulisan $ tidak boleh karakter pertama menggunakan angka.

Berikut contoh penulisan variabel pada PHP :

Penulisan variabel harus membedakan antara huruf besar dan huruf kecil, sehingga apabila antar variabel satu dengan yang lain berbeda besar kecilnya huruf maka akan dianggap beda variabel. Sebagai contoh $nama dan $Nama, dua variabel tersebut dianggap berbeda karena penggunaan huruf besar dan kecil akan berpengaruh, ini yang dinamakan Case Sensitif.

Menampilkan Variabel

Untuk menampilkan nilai suatu variabel, maka kita  harus menambahkan suatu perintah seperti echo atau print. Berikut contoh penggunaan echo atau print pada variabel :

Maka hasilnya akan tampil seperti berikut :

 

variabel pada PHP

 

Ini adalah contoh lain menampilkan variabel langsung berada di dalam string jika string tersebut berada di antara tanda kutip dua ():

Maka hasilnya pun akan sama dengan gambar di atas. Variabel dapat dikatakan sebagai inti dari sebuah bahasa pemograman. Karena melalui variabel inilah kita memanipulasi data inputan agar menjadi nilai yang diinginkan.

 

By:<

Baca Juga :

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: