WEB

Pengertian Hosting

hosting

Pengertian Hosting

Banyak pengguna internet yang tidak paham pengertian hosting. Bahkan banyak diantara mereka merupakan pengguna lama internet. Mereka mengerti tentang website, tetapi mereka tidak paham apa itu hosting maupun web hosting.

Dalam dunia internet ada 3 macam yaitu Hosting atau web hosting, website, dan domain sebagai alamatnya. Hosting adalah layanan berbasis internet sebagai tempat menjalankan apliasi ditempat terpusat yang disebut dengan server dan dapat diakses melalui jaringan internet. Dibangun diatas server atau komputer dengan kapasitas besar yang disimpan di pusat data, dengan sistem pendingin dan perangkat harus mampu bekerja selama 24 jam nonstop. Server dilengkapi dengan  koneksi internet yang mempunyai kecepatan tinggi supaya mampu memproses semua permintaan data dari client.

Secara sederhananya hosting merupakan rumah dari suatu website yang dimana didalamnya tersimpan banyak data yang ada rumah tersebut. Untuk hosting sendiri ditawarkan bermacam-macam dengan kebutuhannya sendiri, ada yang gratis maupun yang berbayar. Tetntu masing-masing mempunyai keunggulan tersendiri.

Ada beberapa jenis hosting yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Shared Hosting

Shared hosting atau dikenal dengan layanan hosting murah adalah layanan hosting yang menempatkan beberapa (puluhan hingga ratusan) website dalam satu server (komputer). Layanan ini disebut juga hosting murah karena memang harganya yang relatif murah dibandingkan layanan hosting lain. Ini dikarenakan biaya operasional yang dibebankan kepada banyak pemakai. Namun demikian shared hosting ini memiliki keterbatasan, yaitu adanya pembatasan pemakaian sumber daya server. Karena dipakai bersama dengan pengguna lain, masing-masing website tidak boleh memakai sumber daya berlebihan yang akan mengakibatkan terganggunya pengguna lain.

2. Virtual Private Server

Virtual Private Server atau disingkat VPS adalah layanan yang lebih ekslusif. Satu unit server dibagi secara virtual menjadi beberapa server virtual yang masing-masing berjalan sendiri layaknya sebuah server. Jumlah virtual server dalam satu physical server juga dibatasi, umumnya di bawah 10 virtual server. Adanya alokasi tetap bagi pelanggan yang relatif sedikit dibandingkan shared hosting memberikan keleluasaan yang lebih kepada pengguna vps. Kelemahan dari vps ini adalah harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan shared hosting.

3. Dedicated Server

Dedicated Server atau disingkat DS adalah layanan paling tinggi. Satu server dikhususkan bagi satu pengguna. Dengan DS ini, pelanggan bebas sepenuhnya untuk menggunakan seluruh sumber daya server untuk website atau aplikasinya. Tentu saja ini harus dikompensasi dengan biaya tinggi yang harus dibayarkan

 

By:<

Baca Juga :

Advertisements

1 comment

  1. Membuat Web Hosting Gratis 14 Juli, 2017 at 19:15 Balas

    […] harus mengeluarkan banyak biaya untuk membuat sebuah web. Anda perlu membeli domain dan juga hosting yang harganya tentu tidaklah murah. Untuk kesempatan kali ini saya akan sedikit membagikan […]

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: