Artikel

Microsoft Menjadi Official Sponsor Open Source Initiative

Microsoft Menjadi Official Sponsor Open Source Initiative

Microsoft Menjadi Official Sponsor Open Source Initiative

Microsoft bergabung dengan dengan Linux Fondation sebagai platinum member 16 November 2016. Dan kini Microsoft menjadi official sponsor Open Source Initiative, otomatis microsoft menjadi bagian dari open source.

Microsoft Menjadi Official Sponsor Open Source InitiativeMicrosoft sendiri telah menjadikan beberapa software mereka menjadi Open Source, seperti PowerShell, Visual Studio Code, JavaScript Engine Microsoft Edge, mengakuisisi Xamarin lalu mengopen-source kan SDK dan developer toolnya, membawa SQL Server ke Linux, merilis UWP Community Toolkit, bahkan bekerja sama dengan Canonical dengan menanamkan Bash Ubuntu ke Windows 10.

 

Untuk kalian yang tidak tahu tentang Open Source Initiative atau OSI. OSI adalah lembaga non-profit global dengan misi utama untuk melindungi dan mempromosikan software open source. Dengan bergabungnya Microsoft menjadi sponsor OSI, berarti microsoft turut mendukung software open source. Baik dalam bentuk dukungan dana, maupun bentuk dukungan lainnya.

OSI didirikan pada tahun 1998, Open Source Initiative (OSI) melindungi dan mempromosikan perangkat lunak, pengembangan dan komunitas open source, memperjuangkan kebebasan perangkat lunak di masyarakat melalui pendidikan, kolaborasi, dan infrastruktur, yang menjaga Open Source Definition, dan mencegah penyalahgunaan cita-cita dan etos yang melekat ke gerakan open source. OSI adalah perusahaan publik California, dengan status bebas pajak 501 (c) (3).

Microsoft Menjadi Official Sponsor Open Source Initiative

Pada kepemimpinan Era Satya Nadella, Microsoft tidak lagi fokus kepada eksklusivitas. Melainkan lebih terbuka dengan platform lain dan lebih hangat dengan para kompetitornya. Ini terbukti dengan bagaimana satu per satu layanan dan produk Microsoft dibawa ke platform lain milik kompetitor, serta beberapa teknologi Microsoft yang diusung menjadi Open Source.

Kerjasama dan dukungan terhadap Open Source ini sangat penting bagi Nadella, mengingat salah satu andalan pendapatan utama Microsoft di masa depan adalah Cloud Computing.

 

Baca Juga :

Advertisements

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: