Artikel

Hati-hati Ada Malware Berbahaya Di CCleaner

Hati-hati Ada Malware Berbahaya Di CCleaner

Jika kalian menggunakan aplikasi CCleaner di windows, kalian harus hati-hati ada malware berbahaya di CCleaner . Hacker telah berhasil menyusup ke server distribusi download Piriform, dan mengubah file CCleaner versi 5.33.6162 dan CCleaner 1.07.3191. Mereka berhasil menanamkan malware dan backdoor berbahaya didalamnya.

Hati-hati Ada Malware Berbahaya Di CCleaner

Efek dari serangan ini dimulai dari sejak 15 Agustus 2017 hingga 15 September 2017, membuat 2.27 jutas pengguna CCleaner menjadi korban. Beberapa data yang dicuri dari pengguna seperti:

  • Nama komputer
  • Daftar software terinstall
  • Daftar update Windows terinstall
  • Daftar process yang berjalan
  • MAC address network adapter yang digunakan
  • serta informasi lain seperti apakah PC berjalan dengan privilege administrator, berapa bit OS, dsb

Malware tingkat pertama ini juga menjadi backdoor untuk menanam malware tingkat kedua. Malware ini lebih berbahaya daripda yang pertama, karena menargetkan coporate besar yang memiliki jumlah besar. Dikutip dari cisco’s talos beberapa perusahaan besar turut menjadi target utama, antara lain, Microsoft, Gmail, Cisco, VMware, Intel, Sony, Samsung, HTC, Epson, hingga Linksys dan Dlink. Bahkan ada 540 sistem pemerintahan dan 51 bank di seluruh dunia yang juga dijadikan target.

Hati-hati Ada Malware Berbahaya Di CCleaner

Cara Melindungi PC dari Malware CCleaner

Perlu kalian ketahui bahwa CCleaner yang disusupi malware dan backdoor adalah versi 5.33.6162 (32-bit) dan CCleaner Cloud (1.07.3193) untuk Windows. Bahkan setelah serangan ini diketahui, Piriform segera merilis update dan mengganti CCleaner tersebut dengan yang bersih. Untuk itu ADJIE007 memberikan tips untuk melindungi PC kalian dari malware CCleaner ini.

Untuk kalian pengguna CCleaner harap segera update dengan versi diatas 5.33. Bagi pengguna CCleaner yang standart atau gratis, kalian harus mendownload manual. Sebaiknya untuk berjaga-jaga, uninstall terlebih dahulu CCleaner versi 5.33 baru kemudian install dengan versi yang diatasnya 5.34 atau lebih. Sedangkan bagi pengguna CCleaner Cloud, update sudah dirilis otomatis, jadi kalian sudah aman dari serangan malware tersebut.

Pastikan untuk selalu update dengan kabar terbaru teknologi, apalagi yang berhubungan dengan hacking dan security.

Baca Juga :

Advertisements

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: