PHPWEB

Cara Menginstall XAMPP

xampp web server

Cara Menginstall XAMPP

Web Server

Untuk menjalankan PHP pada web browser harus menggunakan sebuah aplikasi yang dinamakan Web Server, tidak seperti HTML yang langsung dapat dijalankan melalui web browser. Web server tersebut yang mengubah kode PHP menjadi HTML sehingga dapat dijalankan ke web browser.

Untuk menjalankan kode PHP, membutuhkan paling tidak ada 3 program yaitu :

  1. Aplikasi Web Server
  2. Aplikasi PHP
  3. Aplikasi Web Browser

Web Server yang akan digunakan kali ini adalah XAMPP. XAMPP merupakan aplikasi open source dari Apache yang dapat digunakan secara gratis. XAMPP dapat didownload melalui link berikut https://www.apachefriends.org/download.html

Cara Menginstall XAMPP

Setelah berhasil mengunduh aplikasi XAMPP, selanjutnya jalankan aplikasi tersebut dengan double klik file yang sudah didownload.

xampp web server

Ketika muncul peringatan seperti diatas abaikan saja, kemudian klik OK. Selanjutnya akan muncul tampilan awal instalasi XAMPP, klik next untuk melanjutkan.

xampp web server

Setelahnya akan muncul “Select Component” pada tampilan instalasi, disarankan untuk memilih default saja. Selanjutnya klik tombol next untuk melanjutkan instalasi.

xampp web server

Pada tampilan “Installation Folder” Anda dapat memilih folder yang akan digunakan untuk menyimpan tempat instalasi  XAMPP. Secara default instalasi XAMPP akan disimpan pada folder C:\xampp, kemudian klik next untuk melanjutkannya.

xampp web server

Maka kemudian akan muncul “BitNami for XAMPP” yang berisi installer CMS. Karena tidak menggunakan CMS, maka abaikan saja dengan menghapus tanda centang dari “Learn more about BitNami for XAMPP”, lalu klik tombol next.

xampp web server

Jika semuanya lancar akan muncul tampilan ” Ready to Install”, maka klik tombol next untuk memulai proses instalasi.

xampp web server

Proses Instalasi akan berjalan beberapa saat, tunggu hingga selesai.

xampp web server

Kemudian akan muncul tampilan pada layar “Completing the XAMPP Setup Wizard. Untuk menjalankan XAMPP, biarkan ceklist pada “Do you want to start the Control Panel now?”. Selanjutnya klik tombol finish.

xampp web server

Setelah berhasil menginstall XAMPP, maka akan muncul “XAMPP Control Panel”. Kemudian klik tombol start pada Action Apache untuk menjalankan PHP, sementara untuk bisa menjalankan database klik start pada Action MYSQL.

xampp web server

Untuk mengetes apakah web server sudah berjalan, buka web browser kemudian ketik “localhost” dan tekan enter. Apabila muncul tampilan seperti dibawah, maka instalasi XAMPP sudah berhasil dan sudah berjalan.

xampp web server

XAMPP telah berhasil diinstall dan dijalankan, sehingga dapat digunakan untuk mempelajari dan menjalankan PHP.

 

By:<

 

Baca Juga :

Advertisements

4 comments

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: