ArtikelMySQLPHP

Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection pada WordPress

Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection pada WordPress

Error Establishing a Database Connection pada WordPress

Ada beberapa cara untuk mengatasi error establishing a database connection pada WordPress. WordPress dibangun menggunakan dua komponen, yaitu PHP dan MySQL. Ketika Kalian mengakses halaman website melalui browser, PHP akan menjalankan fungsinya untuk menampilkan data yang ada pada database MySQL dan ditampilkan pada browser. Query PHP diperlukan untuk menampilkan konten berupa judul sebuah postingan, nama author, tanggal, dan sebagainya.

Dalam situasi tertentu, website akan mengalami error establishing a database connection. Biasanya disebabkan oleh beberapa masalah, seperti kode PHP yang tidak bisa terhubung dengan database MySQL

Ada beberapa alasan mengapa website kalian memiliki masalah koneksi ke database. Pada umumnya masalah tersebut disebabkan oleh tiga hal berikut ini:

  1. Database Anda Corrupt. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan database WordPress Anda mengalami corrupt.
  2. Login Credential untuk Database Anda Salah. Database WordPress Kalian menggunakan login credential (username dan password) berbeda dengan yang disetting di cPanel akun hosting Anda.
  3. Server Hosting Anda Down. Server database kemungkinan down dan menyebabkan masalah ini, atau malah ada masalah lain yang terjadi di hosting kalian. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh terlalu banyaknya pengunjung website kalian sehingga server tidak dapat menampungnya.

Langkah Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection

Hal yang harus pertama kali dilakukan adalah memastikan error yang tampil sama ketika kalian mengakses website atau mengakses halaman dashboard admin WordPress (website.com/wp-admin). Apabila website kalian down dan mendapatkan pesan error berbeda ketika login seperti ini,

Silakan akses file wp-config.php tempat pengaturan dan konfigurasi WordPress kalian berada. Kalian dapat menemukan file wp-config.php pada direktori utama website WordPress, buka file tersebut  kemudian tambahkan kode berikut pada bagian bawah script.

Baris ini memungkinkan kalian untuk melakukan optimasi dan memperbaiki database dengan mengakses URL melalui browser: website.com/wp-admin/main/repair.php (silakan ubah website.com dengan domain dari website kalian).

Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection pada WordPress

 

Ketika kalian telah selesai memperbaiki database, pastikan untuk menghapus baris kode yang tadi ditambahkan yaitu baris: define(‘WP_ALLOW_REPAIR’, true); yang ada di wp-config.php. Hal ini akan menonaktifkan akses ke halaman repair dan mencegah orang lain merusak database Kalian.

Cek Pengaturan Koneksi Database di wp-config.php

Dalam beberapa kasus, jika terjadi masalah pada koneksi database, terkadang disebabkan oleh berpindahnya layanan hosting Kalian. Selain itu, dapat juga disebabkan perubahan nama atau informasi user pada database serta belum diubahnya pengaturan file wp-config.php.

Buka kembali file wp-config.php dari WordPress kalian, kemudian lakukan pengecekan pada bagian pengaturan koneksi ke database.

Seperti yang terlihat pada kode di atas, terdapat informasi yang Anda perlukan untuk mengakses database WordPress.

  1. DB_NAME adalah Nama Database
  2. DB_USER adalah Username
  3. DB_PASSWORD adalah Password
  4. DB_HOST adalah Database Host

Hubungi Pihak Hosting untuk Mengatasi Error Establishing a Database Connection

Jika kalian sudah mencoba menyelesaikan masalah sesuai dengan langkah di atas namun masih  menemukan pesan Error establishing a database connection, hal ini bisa terjadi karena masalah pada layanan hosting kalian.

Silakan hubungi tim support hosting yang Kalian gunakan dan beritahu mereka mengenai detail error. Jelaskan secara rinci tindakan yang telah kalian lakukan, supaya mereka dapat membantu menyelesaikan masalah yang kalian alami dengan baik.

Baca Juga :

Advertisements

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: