HTMLPHP

Cara Membuat Buku Tamu Dengan PHP

Cara Membuat Buku Tamu Dengan PHP

Cara Membuat Buku Tamu Dengan PHP

Kita sering melihat di blog atau website, biasanya terdapat kolom komentar atau buku tamu pada bagian bawah artikel. Pada kali ini saya ingin membagikan tutorial Cara membuat Buku Tamu Dengan PHP sederhana. Membuat buku tamu atau kolom komentar yang akan saya bagikan menggunakan dua file, yaitu file yang berisi form dan file yang berfungsi sebagi pengeksekusi dan menyimpan data form.

Sebelum memulai, ada beberapa hal yang harus disiapkan, yaitu server ( xampp ) baca juga bagaimana cara menginstall XAMPP, kalian bisa download XAMPP disini. Dan tentunya editor web, bisa menggunakan Adobe Dreamweaver atau Notepad ++.

  1. Pertama kita harus membuat file dan folder. Nama folder bebas sesuai keinginan kalian, kemudian taruh pada folder C:\xampp\htdocs\. Sebagai contoh punya saya C:\xampp\htdocs\blog.
  2. Kemudian buat file bukutamu.html dengan menggunakan notepad ++ maupun Adobe Dreamweaver, untuk scriptnya kalian bisa lihat dibawah ini
  3. Maka hasilnya akan menjadi formulir sederhana seperti berikut :Cara Membuat Buku Tamu Dengan PHP
  4. Langkah yang kedua yaitu kalian harus membuat file phpnya yang berfungsi sebagai eksekutor dan menyimpan data form yang ditulis. Untuk scriptnya bisa kalian lihat dibawah ini:
  5. Kemudian file tersebut disimpan dengan nama bukutamu.php. Kalian bisa mencoba jalankan file bukutamu.html dengan memanggil alamat localhost/blog/bukutamu.html dengan web browser dan isi form tersebut.
  6. Ketika kalian klik tombol kirim komentar, maka akan muncul hasil berikut :Cara Membuat Buku Tamu Dengan PHP
  7. Karena tidak menggunakan database, maka komentar akan tersimpan dalam bentuk bukutamu.txt. Kalian bisa mengganti alamat penyimpanan dan nama file tersebut pada $file = c:\\xampp\\htdocs”. “\\blog\\bukutamu.txt”;. Contoh hasilnya ada pada gambar dibawah ini:Cara Membuat Buku Tamu Dengan PHP

Demikian tutorial yang bisa saya bagikan pada kalian, terima kasih.

Baca Juga :

Advertisements

1 comment

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: