HTML

Pengertian dari HTML

html adjie007.com

Pengertian dari HTML

HTML adalah kepanjangan atau singkatan dari Hypertext Markup Language. Setiap kita menjelajah di internet dan membuka website kita pasti akan bertemu dengan HTML. HTML merupakan bahasa dasar pembuatan web, Itulah pengertian dari HTML. Terdapat banyak bahasa pemograman web yang ditujukan untuk memanipulasi kode HTML, seperti JavaScript dan PHP. HTML sendiri bukanlah bahasa pemrograman, melainkan markup language. Pengertian dari Hypertext Markup Language adalah sebagai berikut:

  • Hypertext adalah text yang berhubungan dengan dokumen lain atau teks yang nge-link ke informasi lain. Pada link dalam dokumen hypertext apabila di klik, maka dapat dengan cepat menuju/ melompat ke konten yang berbeda.
  • Markup adalah suatu hal yang dilakukan tag html terhadap text yang ada didalamnya, misalnya text dengan tanda tag <b> maka text tersebut akan muncul dengan huruf tebal atau bold pada laman website.
  • Language adalah bahasa struktur yang berfungsi untuk menandai bagian-bagian dari suatu halaman website.

Selain HTML dikenal juga dengan xHTML, merupakan eXtensible Hypertext Markup Language yaitu kombinasi dari HTML dan XML. Tujuan dari xHTML adalah menggantikan HTML, karena merupakan bentuk sempurna dan lebih ketat daripada HTML. xHTML sendiri digunakan pada versi 4.01 yaitu sebelum era HTML5 seperti saat ini.

Perkembangan HTML

Didalam HTML sendiri telah mengalami berbagai perkembangan .Berikut adalah versi-versi dari perkembangan HTML tersebut:

HTML Versi 1.0

HTML Versi 1.0 merupakan pionir yang di dalamnya masih terdapat banyak sekali kelemahan hingga wajar jika tampilan yang dihasilkan sangat sederhana. Kemampuan yang dimiliki versi 1.0 ini antara lain heading, paragraf, hypertext, list, serta cetak tebal dan miring pada teks. Versi ini juga mendukung peletakan image pada dokumennya tanpa memperbolehkan teks di sekelilingnya (wraping)

HTML Versi 2.0

Pada HTML Versi ini, penambahan kualitas HTML terletak pada kemampuannya untuk menampilkan suatu form pada dokumen. Dengan adanya form ini, kita dapat memasukkan nama, alamat, serta saran dan kritik. HTML versi 2.0 ini merupakan pionir dari adanya web interaktif.

HTML Versi 3.0

Versi HTML 3.0 menambahkan beberapa fasilitas baru seperti FIGURE yang merupakan perkembangan dari IMAGE untuk meletakkan gambar dan tabel. Selain itu, HTML ini juga mendukung adanya rumus-rumus matematika dalam dokumennya. Versi ini yang disebut HTML+- tidak bertahan lama dan segera digantikan dengan versi 3.2.

HTML Versi 3.2

HTML versi ini merupakan HTML yang sering digunakan. Di dalamnya terdapat suatu teknologi untuk meletakkan teks di sekeliling gambar, gambar sebagai latar belakang, tabel, frame, style sheet dan lain-lain. Selain itu pada HTML versi ini Kita bisa menggunakan script di luar HTML untuk mendukung kinerja HTML kita tersebut, seperti Javascript, VBScript dan lain-lain.

HTML Versi 4

HTML ini memuat banyak sekali perubahan dan revisi dari pendahulunya yaitu HTML 3.2. Perubahan ini hampir terjadi di segala perintah HTML seperti tabel, image, link, text, meta, imagemaps, form dan lain-lain.

HTML Versi 4.01

HTML versi 4.01 merupakan revisi dari HTML 4.0. Versi terbaru ini memperbaiki kesalahan-kesalahan kecil (minor errors) pada versi terdahulunya. HTML 4.01 ini juga menjadi standarisasi untuk elemen dan atribut dari script XHTML 1.0.

HTML Versi 5.0

Teknologi ini mulai diluncurkan pada tahun 2009, tetapi pada tanggal 4 Maret 2010 terdapat sebuah informasi bahwa W3C (World Wide Web Consortium) dan IETF (Internet Engineering Task Force) yaitu sebuah organisasi yang menangani HTML sejak versi 2.0 telah mengmbangkan versi HTML terbaru, yaitu versi 5.0.

 

By:<

Baca Juga :

Advertisements

3 comments

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: